Cara Menggunakan Pen Tool Untuk Menyeleksi Objek

Menggunakan Pen Tool memang bukanlah hal yang susah selama objek yang akan kita seleksi tersebut mempunyai bentuk yang lurus seperti kotak, jajar genjang atau semacamnya. Namun lain ceritanya jika Objek yang akan kita seleksi berbentuk melengkung.

Cara Menggunakan Pen Tool

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menginformasikan kepada Anda bagaiamana Cara Menggunakan Pen Tool Untuk Menyeleksi Objek Melengkung, dan disini saya akan mencontohkan untuk menyeleksi huruf N menggunakan Pen Tool.

Cara Menggunakan Pen Tool di Photoshop


Ohya disini saya menggunakan aplikasi Photoshop CS4, namun Anda juga boleh menggunakan Photoshop CS5 maupun CS6. Karena intinya nanti sama saja.

Cara Menggunakan Pen Tool


Oke kita mulai, yang pertama adalah memasukkan objek yang akan kita seleksi kedalam Photoshop

  1. Masukkan Gambar atau Foto

    Cara Menggunakan Pen Tool 1

    Disini saya akan meyeleksi huruf N tersebut menggunakan Pen Tool, ini akan sedikit sulit, karena terdapat lengkungan pada gambar yang akan kita seleski tersebut.

  2. Mulai Dari Garis Lurus

    Cara Menggunakan Pen Tool 2

    Lihat objek (huruf N) tersebut, dan mulailah menggoreskan pentool dari bagian yang lurus lalu Anda arahkan ke bagian Atas dan setelah sampai di garis yanng melengkung, sekarang coba Anda lengkungkan Pen Tool dengan cara menahan klik lalu geser mouse ke bawah tau keatas.

  3. Gunakan Tombol Alt

    Cara Menggunakan Pen Tool 3

    Tombol Alt fungsinya untuk mengatur akhir dari seleksi yang akan Anda lakukan, karena saat Anda melengkungkan pen tool maka secara otomatis pen tool akan menyesuaikan lengkungannya pada titik berikutnya, dan disinilah pentingnya Anda memainkan tombol Alt.

  4. Lanjutkan Sampai Semua Objek Terseleksi Sempurna

    Cara Menggunakan Pen Tool 4

    Dan diatas adalah hasil seleksi yang telah saya lakukan, sangat jauh dari kata rapi, tapi setidaknya kita sudah berhasil menggunakan Pen Tool untuk menyeleksi Objek Melengkung.

Ohya Pen Tool ini selain untuk menyeleksi juga sangat ampuh untuk kita gunakan dalam membuat sebuah Logo, mau tau caranya ? silahkan Anda baca disini Cara Membuat Logo.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar Pen Tool Photoshop, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar, nanti akan saya bantu jawab sebisa saya. Ini saja dari saya, terimakasih banyak telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel Cara Menggunakan Pen Tool Untuk Menyeleksi Objek ini.
Tolong Bagikan ke →

0 Response to "Cara Menggunakan Pen Tool Untuk Menyeleksi Objek"

Posting Komentar