Cara Seleksi Rambut Dengan Photoshop Secara Detail

Melakukan seleski pada rambut adalah hal tersulit, karena memang pada dasarnya jumlah rambut yang begitu banyak, membuat rambut memiliki banyak sekali sisi, dan ini jelas akan sangat sulit untuk diseleksi jika menggunakan Pen Tool.

Namun semua itu bisa menjadi mudah jika kita tahu cara seleksi rambut yang benar, yaitu menggunakan level. Ingin tahu bagaiamana Cara Seleksi Rambut Dengan Photoshop Secara Detail ? berikut tutorialnya khusus untuk Anda.

Alat yang digunakan :

  • Channels
  • Selection Tools
  • Levels

Untuk cara seleski rambutnya, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Siapkan foto atau gambar yang ingin diseleksi


Cara Seleksi Rambut Dengan Photoshop 1

Disini saya menggunakan foto seorang wanita bule, yang bisa Anda lihat memiliki rambut yang berterbangan kemana, dan ini akan hampir mustahil untuk dilakukan seleski manual menggunakan pen tool atau semacamya.

Masuk ke channel, duplicat layer blue


Cara Seleksi Rambut Dengan Photoshop 2

Di mode channel, Anda akan mendapati 4 Buah warna yaitu RGB, Red, Green dan Blue. Matikan ketiga warna dan sisakan warna blue, lalu duplicat dan selanjutnya ubah level ( image > adjestments > level ) menjadi lebih gelap.

Klik load channel


Cara Seleksi Rambut Dengan Photoshop 3

Tombol load channel ada di sebelah bawah, berada tepat disamping save selection. Atau jika kurang jelas silahkan lihat gambar diatas untuk mengetahui letak dari tombol tersebut.

Lalu klik select inverse


Cara Seleksi Rambut Dengan Photoshop 4

Untuk memunculkan pilihan select inverse, pertama klik dulu ke selection tool, lalu klik kanan dan pilih select inverser, kembali ke mode biasa, lalu copy merged.

Dan dengan begini selesai sudah, kita telah berhasil melakukan seleksi rambut secara detail. Selanjutnya silahkan Anda kembangkan sendiri, misalnya menggabungkan foto tersebut dengan suasana di pantai.

Saya rasa cukup sekian pembahasan kita kali ini soal Cara Seleksi Rambut Dengan Photoshop Secara Detail, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau memiliki masalah ketika menyeleksi rambut, silahkan saja tanyakan di kolom komentar akan saya bantu semaksimal mungkin.
Tolong Bagikan ke →

0 Response to "Cara Seleksi Rambut Dengan Photoshop Secara Detail"

Posting Komentar